Blogger Widgets

Selasa, 07 Oktober 2014

Business to Business (B2B)

Business to Business (B2B)



œ PENGERTIAN B2B

          B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya (transaksi antar perusahaan). Transaksinya menggunakan EDI (Electronic Data Interchange, sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer - antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan menggunakan format standar yang telah disepakati) dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi. B2B digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis. Bentuk kerja sama dalam B2B ini dapat membantu upaya efisiensi biaya pengadaan barang dan yang paling penting adalah bisa memudahkan mitra bisnis. Bagi Kawan Lama, kepentingan pelanggan selalu menjadi nomor satu. Prinsip ini menjadi nyata dalam penyediaan layanan business to business (B2B). Layanan ini didukung penuh oleh teknologi informasi yang sangat memadai sehingga siap memberikan kemudahan dan kepuasan kepada pelanggan.

œ MANFAAT DAN KEUNGGULAN LAYANAN B2B

1.     Hemat waktu dan praktis
 Menu dalam situs layanan B2B khusus hanya menyediakan kebutuhan produk pelanggan terkait, tanpa harus repot mencarinya dalam katalog produk atau daftar kategori produk umum Kawan Lama yang lainnya.
2.     Efektif dan efisien
Pelanggan B2B tidak perlu melewati proses negosiasi harga yang panjang, karena sudah dilakukan pada awal kesepakatan kerja sama.
3.     Keuntungannya besar
Mengurangi biaya perusahaan untuk administrasi, surat menyurat transaksi, ataupun untuk riset harga pasar.
4.     Kerahasiaannya aman dan terjamin
Sistemnya menggunakan tingkat keamanan yang tinggi dengan protocol secure socket layer 256 bit untuk menjaga keamanan data pelanggan.
5.     Transaksi yang transparan
Layanan ini mendukung good corporate governance. Setiap transaksi mudah dipantau karena sistem selalu memberikan rekam jejak transaksi melalui e-mail notifikasi kepada buyer (bagian purchasing) atasan (pemberi approval), hingga user, ataupun yang berhak mendapatkan informasi tersebut di perusahaan sesuai dengan kesepakatan. Ini meningkatkan kontrol perusahan terhadap proses transaksi.

œ CONTOH B2B
       Pabrikan berbisnis dengan distributor, pabrikan dengan suatu perusahaan agen pemasaran, atau distributor dengan agen penjualan, atau perusahaan retail (retailer) yang menjual langsung kepada konsumen.

œ KOMPONEN B2B

       Untuk memfasilitasi kegiatan business to business melalui internet dan meningkatkan volume bisnis, sekaligus branding dan marketing, dibutuhkan minimal 2 komponen berikut.
1.     Website Bisnis atau website perusahaan
Perusahaan umumnya sudah memiliki website untuk memasarkan produk/jasanya dan sekaligus branding bisnisnya.
Website merupakan alat yang sangat efektif untuk merepresentasikan bisnis anda ke seluruh dunia, yang kapanpun bisnis anda dapat dibaca, didengar, dilihat oleh pengguna internet di seluruh dunia.
Dengan insvestasi yang sangat murah, bisnis anda akan dikenal, dan meningkatkan sales dan branding tentunya, hal ini dengan asumsi bahwa website anda berpenampilan ‘corporate’, tidak murahan dan informasi yang disajikan dalam website anda memang relevan dengan yang dibutuhkan bisnis maupun perorangan dan selalu up-to-date, artinya website anda selalu di’maintain’ atau di’manage’ dengan baik.

2.     Email Bisnis
Pada akhir tahun 90-an, perusahaan mulai menggunakan email gratis seperti yahoo.com, hotmail.com, dll. Pada waktu itu, masih lumrah dan acceptable untuk menggunakan email gratisan untuk bisnis. Namun, sekarang ini (2010) citra dari sebuah bisnis tidak lebih baik dibandingkan dengan menggunakan email bisnis (email perusahaan). Karena meskipun menggunakan yahoo yang berbayar, tetap saja orang akan menganggap email anda gratis. Lalu, dengan menggunakan email gratisan untuk bisnis, pencitraannya sudah menurun dikarenakan banyak digunakan untuk spamming, email-email yang menawarkan jasa atau produk yang umumnya kebanyakan digunakan perorangan.
Untuk itulah, sangat disarankan bagi anda pemilik bisnis, baik bisnis kecil maupun menengah untuk memulai menggunakan email bisnis (email perusahaan) dengan nama domain perusahaan.
Contoh: Nama perusahaan adalah Singcat Network, maka nama domainnya adalah singcat.com atau singcat.co.id, alamat websitenya adalah
http://www.singcat.com atau http://www.singcat.co.id dan email yang anda gunakan adalah sales@singcat.com, info@singcat.com, hrd@singcat.com, support@singcat.com, atau dengan akhiran .co.id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar