Blogger Widgets

Minggu, 28 September 2014

Pasar Elektronik (Elektronic Market)


Pasar elektronik (Electronic Market)




Pasar Elektronik (atau pasar elektronik) adalah sistem informasi (IS) yang digunakan oleh beberapa entitas organisasi yang terpisah dalam satu atau antara beberapa tingkatan dalam rantai nilai ekonomi. Dalam analogi dengan konsep pasar yang dapat dilihat dari makro ekonomi (menggambarkan hubungan antara para pelaku dalam suatu sistem ekonomi, misalnya monopoli) serta dari mikroekonomi (menggambarkan mekanisme alokasi yang berbeda, misalnya lelang publik frekuensi telepon) perspektif, pasar elektronik menunjukkan bentuk jaringan bisnis dengan banyak kemungkinan konfigurasi:

1. Topologi pasar elektronik mungkin akan sentralisasi atau desentralisasi di alam. Pasar elektronik terpusat hub yang sering memberikan pelayanan kepada peserta mereka. Pengaturan Desentralisasi melibatkan hubungan berurutan dalam rantai nilai yang sering ditemukan ketika pesan elektronik yang dipertukarkan secara langsung antara perusahaan (pertukaran data elektronik).

2. Layanan yang disediakan oleh pasar elektronik mungkin melayani tujuan infrastruktur atau alokasi. Di antara layanan infrastruktur routing, pesan, identifikasi dan mitra direktori sedangkan layanan alokasi mengaktifkan proses penetapan harga yang pada gilirannya mungkin statis atau dinamis di alam. Implementasi khas katalog, pertukaran dan lelang.

3. Hubungan aktor yang terlibat dalam pasar elektronik mungkin stabil atau atomistik di alam. Yang pertama biasanya mengacu pada rantai pasokan klasik di mana bisnis berkolaborasi selama jangka waktu yang lama. Dalam kasus terakhir, mitra transaksi hanya stabil untuk satu transaksi. Hal ini biasanya dapat ditemukan dalam lelang dan pengaturan pertukaran lainnya.

Hal ini menyebabkan dua definisi:
a.    Dalam arti sempit Elektronik Pasar terutama dipahami sebagai platform alokasi dengan mekanisme penemuan harga dinamis yang melibatkan hubungan atomistik. Contoh yang populer berasal dari industri keuangan dan energi.
b.    Dalam arti yang lebih luas, penemuan harga tidak penting bagi pasar elektronik. Ini mencakup semua bentuk kolaborasi elektronik antara organisasi dan konsumen serta sebaliknya.
Contoh
:
     * Perusahaan situs yang melayani tujuan komunikasi dan transaksi
     * Elektronik sistem pembelian pada EDI-dasar serta berdasarkan katalog
     * Sistem yang mendukung konfigurasi produk, seperti configurators mobil
     * Download otomatis informasi produk berdasarkan scan dari artikel numbervn
     * Aktivasi rantai darurat berdasarkan pemantauan frekuensi jantung
     * Jejaring sosial yang menghubungkan konsumen, seperti masyarakat rekomendasi

~ Dampak terhadap efisiensi bisnis 

Pasar Elektronik dikaitkan dampak penting terhadap efisiensi bisnis. Dari perspektif industri, ekonomi biaya transaksi yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antara pasar elektronik dan hirarki elektronik. Sementara mantan sejalan dengan definisi sempit pasar elektronik, yang terakhir juga termasuk dalam definisi yang lebih luas. Hal ini dapat dijelaskan karena pada kenyataannya pasar elektronik telah muncul sebagai platform yang menggabungkan beberapa mode pemerintahan atau jenis mekanisme koordinasi. Ini "all-in-one-pasar" menghubungkan kemungkinan penawaran yang kompetitif untuk penemuan harga dengan keunggulan hubungan diprediksi untuk mendorong investasi hubungan khusus (isu-isu non-contractible) dan fungsi untuk kolaborasi lebih dekat. Perspektif ini menunjukkan bahwa penting untuk membedakan antara platform pasar itu sendiri yang menciptakan infrastruktur antara beberapa pihak dan mekanisme koordinasi yang dioperasikan pada platform ini yang mungkin pasar suka atau hirarkis di alam.

Referensi :

     * Alt, R. dan S. Klein (2011). "Dua puluh tahun dari Pasar Elektronik Penelitian - Melihat Backwards menuju Masa Depan." Electronic Markets 21 (1): 41-51.
     * Kaplan, S. dan M. Sawhney (2000). "E-Hub: The New B2B Marketplaces." Harvard Business Review 78 (3): 97-103.
     * Malone, T. W., J. Yates, et al. (1987). "Pasar Elektronik dan Electronic Hierarki." Komunikasi dari ACM 30 (6): 484-497.
     * Osterle, H. dan B. Schmid (2008). "Quo Vadis Elektronik Markets?" Electronic Markets 18 (3): 206-210.
     * Standing, S., C. Standing, et al. (2010). "Sebuah Tinjauan Penelitian E-Marketplaces 1997-2008." Sistem Pendukung Keputusan 49 (1): 41-51.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar