Strategi
dan
implementasi
e-businnes
A. Pengertian
Strategi Bisnis
Dalam
berbisnis, kita memerlukan strategi agar bisnis tersebut dapat tetap bertahan
dan selalu mengalami perkembangan secara berkala.
Menurut businnesdictionary.com, 2013 Strategi
adalah Metode atau rencana yang
dipilih untuk mencapai tujuan yang diinginkan, seperti pencapaian atas suatu
cita – cita ataupun solusi atas suatu masalah. Sedangkan Strategi
menurut KBBI adalah rencana yg cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran
khusus.
Strategi bisnis adalah Penetapan sasaran dan tujuan jangka panjang sebuah perusahaan, dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan tersebut. (MIT Press, Cambridge, Ma.)
Jadi, strategi bisnis merupakan cara-cara yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan keunggulan persaingan di dalam bisnis nya. Strategi bisnis dapat mencakup ekspansi geografis, diversifikasi, akuisisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, pengurangan bisnis, likuidasi, dan joint venture.
Strategi bisnis adalah Penetapan sasaran dan tujuan jangka panjang sebuah perusahaan, dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan tersebut. (MIT Press, Cambridge, Ma.)
Jadi, strategi bisnis merupakan cara-cara yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan keunggulan persaingan di dalam bisnis nya. Strategi bisnis dapat mencakup ekspansi geografis, diversifikasi, akuisisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, pengurangan bisnis, likuidasi, dan joint venture.
B. Tingkatan Strategi
E-Bisnis
Dalam strategi e-bisnis
terdapat 3 tingkatan, yaitu:
i. Strategi Tingkat Korporasi
Strategi ini
berupaya untuk menentukan bisnis apa yang seharusnya dilakukan oleh korporasi.
Ciri – ciri strategi ini
yaitu:
· Berorientasi pada nilai
· Unsur fleksibilitas sangat tinggi
· Jangka waktu lebih panjang
· Perioritas pada pertumbuhan perusahaan
· Konseptual
· Tersentralisasi
ii. Strategi Tingkat Bisnis
Strategi tingkat
bisnis ini berupaya untuk menentukan bagaimana seharusnya suatu korporasi
bersaing dalam setiap bisnisnya. Ciri – ciri strategi tingkat bisnis ini yaitu:
· Resiko rendah
· Keuntungan rendah
· Setiap keputusan ada mediasi antara level korporasi
dan fungsional
· Biaya rendah
· Membuat keputusan dan memberi pandangan antara lain
tentang saluran distribusi, lokasi pasar, wilayah pabrik dan segmentasi pasar
iii. Strategi Tingkat Fungsional
Strategi tingkat fungsional ini berupaya menentukan
cara mendukung strategi tingkat bisnis. Ciri – ciri dari strategi
tingkat fungsional ini yaitu:
·
Jangka waktu pendek, kurang
dari 1 tahun
·
Beresiko rendah
·
Keputusan diterapkan pada
aktivitas yang sedang berjalan
·
Keputusan melibatkan
masalah operasional dan berorientasi pada aktivitas
C.
Tahapan Penyusunan
Strategi
Dalam
penyusunan strategi bisnis terdapat ilmu yang disebut dengan “manajemen
strategis”. Manajemen strategis adalah seni dan ilmu penyusunan,
penerapan, dan pengevaluasian keputusan-keputusan lintas fungsional yang dapat
memungkinkan suatu perusahaan mencapai sasarannya (Wikipedia, 2013).
Ada tiga tahapan dalam manajemen strategis, yaitu:
1.
Perumusan Strategi
Dalam perumusan strategi terdapat beberapa hal yang harus
diperhatikan antara lain:
a. Melakukan analisis situasi, evaluasi diri dan analisis
pesaing baik internal maupun eksternal baik lingkungan mikro maupun makro.
b. Merumuskan tujuan. Tujuan ini harus bersifat paralel
dalam rentang jangka pendek dan juga jangka panjang. Maka di sini juga termasuk
di dalamnya penyusunan pernyataan visi (cara pandang jauh ke depan dari masa
depan yang dimungkinkan), pernyataan misi (bagaimana peran organisasi terhadap
lingkungan publik), tujuan perusahaan secara umum (baik finansial maupun
strategis), tujuan unit bisnis strategis (baik finansial maupun strategis), dan
tujuan taktis.
2.
Pelaksanaan Strategi
Dalam pelaksanaan strategi, perusahaan melakukan apa yang
sudah direncanakan. Setelah hal yang telah direncanakan telah usai
dilaksanakan, tidak semerta – merta kegiatan itu ditinggalkan begitu saja. Ada
tahap yang disebut dengan evaluasi.
3.
Evaluasi Strategi
Di tahap ini kita melakukan
tinjauan terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan apakah sudah sesuai rencana
dan mencapai tujuan atau malah sebaliknya. Hal ini diperlukan untuk melakukan
perbaikan – perbaikan terhadap kualitas kerja yang nantinya berguna apabila
rencana tersebut akan dipakai lagi atau malah diperbaharui untuk mencapai
tujuan yang lebih besar.
D.
Pentingnya Penggunaan
IT Dalam Strategi E-Businness
Dalam strategi e-bussiness
Penggunaan IT sangat bermanfaat untuk hal, diantaranya yaitu:
- mengurangi biaya dari proses bisnis
- mengurangi keunggulan dari pesaing dan dapat memantau harga produk kita tetap kompetiif dengan harga produk pesaing bisnis.
- membantu menciptakan priduk dan jenis layanan-layanan baru ,mengubah proses bisnis, dan juga menciptakan pasar baru.
- mengelola ekspansi bisnis regional dan global.
- memperluas dan mendukung strategi relasi bisnis.
- menerapkan strategi semisal dengan membentuk layanan konsumen melalui situs resmi atau pun e-mail.
- dapat lebih efisien dengan peningkatan layanan informasi karyawan,produk dan penggunaan software atau aplikasi yang membantu.
E.
Strategi Taktis Untuk Sukses Dalam E-Businnes
Ada 7 strategi taktis untuk sukses dalam e-Business,
yaitu:
1)
Fokus. Produk-produk
yang dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing
manajer produk.
2)
Banner berupa teks, karena
respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner
berupa gambar.
3)
Menciptakan 2 level afiliasi. Memiliki distributor penjualan utama dan agen
penjualan kedua yang membantu penjualan produk/bisnis.
4)
Manfaatkan kekuatan e-mail. E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet,
maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.
5)
Menulis artikel. Kebanyakan
penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi, sehingga produk
dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.
7)
Komunikasi instan. Terus
mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk menjaga
kepercayaan dengan cara komunikasi langsung.
F. Implementasi
E-Businnes
Di Indonesia user
biasanya menggunakan Internet hanya sebatas untuk mengirimkan email, browsing
untuk mencari informasi, chatting untuk ngobrol sana-sini dengan teman,
berdiskusi melalui forum, milis, dll. Juga men-downloadmusik, video, software,
games, eBook untuk kepentingan pribadi atau sekedar hiburan. Namun menurut
AsianBrain IMC, terdapat 2 fakta menarik yang harus diketahui, yaitu:
i. Bisnis
online (e-commerce) saat ini masih dikuasai oleh negara-negara maju. Sementara
Negara – Negara berkembang seperti Indonesia dijadikan salah satu target market
atau pangsa pasar mereka.
ii. Sebuah
bangsa akan lebih maju, jika masyarakatnya sadar bahwa internet sebenarnya bisa
dijadikan sebagai alat untuk mengembangkan bisnis mereka ke seluruh dunia.
Tantangan besar yang dihadapi dalam
penerapan e-business adalah keamanan data, sumberdaya manusianya yang dimiliki.
E-business diterapkan untuk sharing informasi baik ke konsumen maupun ke
partner bisnis, maka dari itu keamanan data menjadi sangat penting untuk di
kembangkan lebih lanjut.
Untuk menanggulangi
tantangan tersebut maka solusi yang tepat untuk saat ini adalah pemilihan
vendor yang tepat dan bijak, Sugiarsono (2003) menyebutkan bahwa pemilihan
konsultan dan outsourcer harus memperhatikan faktor-faktor sebagai berikut :
·
Pemahaman konsultan/outsourcer
terhadap bisnis perusahaan.
·
Pengalaman dan kompetansi SDM yang
dimiliki oleh konsuntan.
·
Memiliki alat analisa manfaat biaya berupa
business case yang jelas.
· Menyediakan service level agreement
yang terjamin dengan layanan yang prima.
·
Reputasi dan komitmen jangka panjang.
Tantangan keamanan data dan kejahatan
didalam dunia maya terkait dengan cyberlaw yang ada di Negara yang bersangkutan
khususnya hukum yang terdapat di Indonesia, kesiapan Negara untuk menanggulangi
kejahatan-kejahatan yang akan terjadi di masa yang akan datang juga menjadi
tantangan yang harus dihadapi oleh kita selanjutnya.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar