Blogger Widgets

Jumat, 07 November 2014

Rancangan Web

            Penggunaan internet dan media sosial lainnya sangat membantu dunia bisnis saat ini, perkembangannya pun sangat pesat. Banyak pengusaha-pengusaha besar yang menggunakan jasa internet dalam memasarkan barang-barang yang ia produksi, sayangnya di Indonesia tidak semua pengusaha mengetahui bagaimana cara untuk menggunakan e-commers, sehingga banyak usaha-usaha di Indonesia yang sedang mulai berkembang hanya mengandalkan penjualan secara manual.
            Salah satu usaha yang mulai berkembang di daerah sekitar Temanggung adalah Toko Assesories dan Tas “Costro” yang beralamat di JL. MT Haryono, No. 95, Pandean, Temanggung dan sudah memiliki cabang yang berada di jalan Rolikuran Temanggung. Namun sayangnya usaha ini belum menggunakan jasa internet sebagai perantara penjualannya, sehingga perkembangannya baru di daerah yang ditempati saja.
            Salah satu yang sering digunakan dalam e-bisnis adalah dengan membuat web untuk usaha itu, sehingga para pembeli mengetahui barang-barang yang di produksi atau dipasarkan. Selanjutnya, akan diberikan penjelasan mengenai rancangan pembuatan web tersebut. Beirsi analisis infrastuktur, analisis biaya, dan juga analisis management content.

ANALISIS INFRASTRUKTUR
Analisis infrastruktur berisi software dan hardware yang digunakan untuk pembuatan web.
1.      Software
Software adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan suatu aktivitas visual dengan menggunakan mesin. Software yang digunakan dalam membantu proses pembuatan e-bisnis suatu perusahaan adalah:
a.         Web server lokal (server lokal)
Tempat dimana seluruh database yang digunakan untuk membuat website disimpan sehingga dalpat diakses menggunakan browser sebagai halaman web meskipun tanpa menggunakan koneksi internet. Agar sebuah komputer dapat digunakan sebagai server lokal perlu diinstall perangkat lunak pendukung, , misalnya Apache, MySql, dan Php.  
Apache, merupakan aplikasi web server (HTTP Server). Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan, maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.
MySQL, merupakan aplikasi database server.  MySQL  digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database.
Sedangkan PHP (tepatnya, Interpreter PHP) adalah software yang berfungsi membaca script web yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. Sistem manajemen basis data yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQl. namun PHP juga mendukung sistem manajement database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL, dan sebagainya.
b.        Editor Web
Salah satu software web editor populer adalah Adobe Dreamweaver (dulu bernama Macromedia Dreamweaver). Web editor ini juga menggunakan sistem WYSIWYG (What You See Is What You Get). Jadi desain web yang Anda lihat pada Adobe Dreamweaver itulah yang akan Anda lihat pada browser. Selain itu software ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi sederhana dan dapat mempermudah dalam pengetikan srcipt, karena mampu mengenali tag dalam perintah HTML maupun selain HTMP  seperti:PHP, Javascrip, ASP dan masih banyak lagi. Dreamweaver merupakan softwareweb desing yang menawarkan cara mendesign dan memprogram website secara sekaligus.
c.         Design Database
DBDesign digunakan untuk mempermudah untuk menggambarkan sistem database, untuk menentukan data yang akan digunakan, menentukan relasi yang tepat dengan menggunakan primary key yang menghubungkan query. Untuk design database biasanya dilakukan awal saat akan membuat server batabase.
d.        Browser
 -
e.         Design Grafis
Software design grafis ada bermacam-macam, diantaranya Adobe Photoshop, Adobe Illustration, Adobe Illustrator, Corel Draw dll. Software yang akan digunakan dalam pembuatan web ini adalah corel draw. Corel draw memiliki banyak keunggulan diantaranya yaitu Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster. Penggunaan Corel Draw, terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya. Corel Draw sangag baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Potoshop. Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw lebih mendalam karena banyak ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain.

2.      Hardware
Hardware adalah perangkat keras yang digunakan dalam pembuatan web ini, hardware yang digunakan ada di bawah ini.
a.         Komputer
Dalam pemilihan perangkat keras ini yang cocok digunakan sebagai design grafis harus benar-benar selektif. Tidak semua jenis komputer dapat menampung daya yang digunakan untuk mengerjakan design. Dilihat dari beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam pemilihan komputer untuk design grafis, yaitu:
1.      Motherboard
Motherboard adalah inti dari sebuah komputer karena di papan pcb inilah segala pernak-pernik pendukung akselerasi komputer di tempelkan. Di motherboard disediakan sokot-soket tempat Memory (RAM), VGA, Prosesor di pasang. Disarankan agar memakai motherboard edisi khusus (limited edtion) karena daya tahannya jauh lebih baik dari motherboard mahal yang diproduksi massal.
2.      Processor
Dalam dunia grafis sebenarnya terbagi menjadi 2 kiblat, pengguna Intel dan AMD, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun selain prosesor element lain sebenarnya sangat menentukan performa PC seperti VGA, Memory, Power Suplay, dll. Ketidakseimbangan antara masing masing malah akan merusak performa PC itu sendiri, dan itu sering terjadi.
3.      RAM (Random Acces Memory)
RAM adalah tempat penyimpanan data sementara saat kita menjalankan komputer. Kita biasa mengenal RAM berdasarkan besaran kapasitasnya yaitu 1 GB, 2 GB, 4 GB, 16 GB. Namun jangan hanya melihat kapasitas penyimpanannya saja, tetapi soket yang tersedia di motherboard harus sesuai. Jangan sampai kita punya ram 16 GB DDR 2  tapi di motherboard hanya suport soket untuk DDR 3. Windows yang dipakai juga mempengaruhi, seperti bila kita menggunakan Windows 32 bit, maka kapasitas memory yang dipakai hanya 3 GB. Bila di PC terpasang RAM 4 GB maka 1 GB akan mubazir karena tidak terpakai.
4.      VGA (Video Graphics Array)
Banyak yang menyalah artikan kapasitas grafis VGA sama dengan RAM, di besarnya kapasitas penyimpanan (GB). Tidak jarang banyak orang mencari VGA yang GB nya tinggi. Padahal kualitas grafis sebuah VGA tergantung pada bit VGA. VGA 256 MB 256 bit jauh lebih bagus performanya dibanding VGA 1 GB 128 bit. Kalo gak percaya tanya tekhnisi komputer. Namun jelas, VGA dengan bit  tinggi jauh lebih mahal dari VGA 'biasa'.
5.      Power Supplay (PSU)
Selain sebagai penghantar dan pembagi arus, PS yang berkualitas juga memberikan kestabilan pada kinerja PC. Pada PS 'standar' nilai WATT yang ada kadang tidak murni (tertulis 450 W tapi sebenarnya hanya 250 W), dan seperti kita tahu, PSU membagi seluruh arus DC ke elemen-elemen yang membutuhkan daya seperti Hardisk, VGA, Prosesor, DVD RW, dll. Dengan menggunakan PSU yang biasa, kapasitas daya yang dimiliki dibagi secara proporsional, hingga performa PC yang di harapkan tidak maksimal.
6.      Hardisk (HDD)
Hardisk adalah media penyimpanan berupa cakram padat (logam) dan kapasitas HDD-pun bervariasi. Yang beredar di pasaran sekarang adalah maksimal 2 Thera Bit (2 TB), semakin besar kapasitas penyimpanan adalah sangat bagus karena mendukung aktifitas desain yang filenya tergolong besar-besar. Namun harus diperhatikan chace dan Rpm (kecepatan putar) hardisk, di rekomendasi di atas 7200 Rpm. 
7.      Cooling Fan
Jangan dianggap remeh elemen yang satu ini. Saat mengerjakan desain grafis otomatis suhu komputer menjadi lebih tinggi, penggunaan kipas pendingin yang minim dapat mengakibatkan komputer berhenti mendadak (nge-hang). Penggunaan jenis dan jumlah pendingin yang tepat akan membuat komputer tetap dingin dan stabil. Bahkan banyak rekan-rekan yang menggunakan pendingin air (water cooler) untuk menghindari over hot pada PC
8.      Monitor
Jangan asal memilih monitor untuk desain grafis. Untuk desain grafis usahakan untuk tidak menggunakan monitor LCD bila tidak didukung VGA yang bagus, karena tampilan gambar desain pada monitor LCD tidak mencerminkan warna asli (tingkat kesamaan di bawah 70%) sangat berbahaya bila kita bermain di warna-warna redup/muda.
9.      Cassing
Sesuaikan cassing yang sobat pakai dengan ukuran motherboard, Power Suplay dan VGA, karena kadang beberapa cassing standar ukurannya terlalu kecil untuk dipasangi motherboard limited. Selain itu, pilih cassing yang mempunyai ruang sirkulasi udara yang cukup, termasuk juga mempunyai titik-titik kipas pendingin yang cukup bervariasi (lebih dari 3 titik cooling fan). 
10.  Mouse
Mouse adalah nyawa dari setiap pekerja desain grafis. Pemilihan mouse yang sesuai akan meningkatkan kwalitas desain. Jangan pakai mouse dengan tingkat DPi (Dot per Inch) rendah dibawah 800 Dpi. Gunakan mouse game yang mempunyai kerapatan Dpi cukup tinggi 3000 hingga 6000 Dpi. Penggunaan mouse game sangat membantu saat melakukan pemotongan foto, dll.

b.        Akses Internet
Dalam pembuatan web ini tentunya kita memerlukan akses internet. Disini yang akan digunakan untuk akses adalah pemasangan jaringan hotspot area (wifi).

ANALISIS BIAYA
Analisis Biaya untuk pembuatan web ini adalah sebagai berikut:
Komputer yang digunakan untuk panduan adalah HP Desktop 110-050l dengan harga Rp. 5.785.000 dan dengan spesifikasi sebagai berikut:
  1. Processor       : Intel Core i3-3240T
  2. RAM                : 2GB DDR3
  3. HDD                : 500GB HDD SATA
  4. DVD                : DVD±RW
  5. Monitor          : HP LED 20 (SKU00711397)
  6. VGA             : Intel PCH
  7. NIC
  8. Audio
Rincian biaya yang harus disediakan apabila Toko Assesories dan Tas “Costro” akan  membuatan web adalah sebagai berikut:
Domain/tahun                                                                                   Rp        87.000,-
Hosting (menggunakan premium)/tahun                                      Rp       240.000,-
Hardware
1.      Komputer                                                                               Rp    5.785.000,-
2.      Pemasangan wifi                                                                    Rp    1.000.000,-
Pembuatan web menggunakan jasa setup engine                         Rp   1.200.000,-
JUMLAH BIAYA                                                                                  Rp   8.312.000,-

ANALISIS MANAGEMENT CONTENT
1.      Home : Beranda
2.      Accessories
a.       Kalung
b.      Cincin
c.       Bros
d.      Jepit Rambut
e.       Gelang
f.        Bandana
g.       Masker
h.      Kacamata
i.         Topi
j.         Kaos Tangan
k.       Jam Tangan
l.         Lebih
3.      Tas
a.       Tas Jalan
b.      Tas Punggung
c.       Tas Samping
d.      Dompet
e.       Koper
f.        Lebih
4.      Make Up
a.       Bedak
b.      Lipstik
c.       Kutek
d.      Eye Shadow
e.       Lebih
5.      Contact Us
a.       Data-Data Kami Yang Dapat Dihubungi,
b.      Cara Pemesanan
c.       Cara Pengiriman
d.      Cara Pembayaran

REFERENSI :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar